ANGGARAN PENJUALAN
Anggaran penjualan adalah skedul rinci yang memperlihatkan penjualan yang diharapkan untuk periode yang akan datang. Anggaran penjualan berasal dari estimasi permintaan dan kesanggupan untuk memasok akan produk perusahaan pada harga tertentu.
Berhasil tidaknya sebuah perusahaan bergantung kepada keberhasilan bagian penjualan dalam meningkatkan penjualannya. Kesalahan dalam penyusunan anggaran penjualan bisa mengakibatkan kesalahan pada peyusunan penganggaran yang lainnya.
Tujuan dari penyususnan penganggaran antara lain
a. Mengurangi ketidakpastian di masa yang akan datang.
b. Memasukkan pertimbangan atau keputusan manajemen dalam proses perencanaan.
c. Memberikan informasi dala profit planning control.
d. Untuk mempermudah pengendalian penjualan.
Fungsi anggaran penjualan :
a. Sebagai dasar perencanaan atas kegiatan perusahaan pada umumnya.
b. Sebagai alat koordinasi dan mengarahkan setiap pelaksanaan divisi pemasaran.
c. Sebagai alat untuk menetapkan target – target penjualan.
d. Sebagi alat pengawasan bagi manajemen.
Fondasi dari anggaran penjualan dan semua bagian anggaran master adalah prakiraan penjualan. Jika prakiraan anggaran telah disiapkan dengan hati – hati dan akurat, langkah langkah yang telah diambil dalam proses anggaran akan lebih reliable.
Faktor yang mempengaruhi anggaran penjualan ada 2 yaitu,
- Faktor intern, faktor yang ada di dalam perusahaan :
a. Penjualan perusahaan terkait masalah penjualan.
b. Kebijakan perusahaan terkait masalah penjualan.
c. Kapasitas produksi dan kemungkinan perluasannya.
d. Tenaga kerja yang dimiliki.
e. Modal yang tersedia.
- Faktor ekternal :
a. Persaingan.
b. Posisi perusahaan dalam persaingan.
c. Tingkat pertubuhan penduduk.
d. Tingkat penghasilan masyarakat.
Komentar
Posting Komentar